Senin, 08 Maret 2010

Budaya yang di rindukan....

Keluarga adalah satuan masyarakat yang terkecil, walaupun terkecil tapi keluarga sudah dapat menciptakan kebudayaan yang akan berdampak pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


Judul budaya yang di rindukan saya pilih karena saya sangat menginginkan melihat budaya yang baik yang dibawa dari keluarga oleh seluruh anggota keluarga kedalam masyarakat luas, alangkah baikmya hal kecil seperti ini dapat membawa kehidupan berbudaya yang lebih baik di dalam dunia ini. Orang tua memberikan contoh yang baik, anak dapat mengimplementasikannya di luar lingkungan keluarga, dan akan menurunkannya kelak ke anak-anaknya nanti. Siklus budaya seperti ini memang sudah terjadi, namun sayang budaya yang dibawa anggota keluarga ke dalam masyarakat justru malah tidak baik dan mengakibatkan kehidupan yang semakin tidak kondusif dalam berkebudayaan. Tidak adalagi yang membuat anak-anak tertarik dengan kebudayaan dari keluarganya dan tidak adalagi keinginan orang tua untuk memperkenalkan dan mendidik mereka tentang berbudaya yang baik dan melestarikan kebudayaan orang tuanya. Orang tua pada jaman sekarang cenderung membiarkan anak-anak mereka belajar dan mengetahui hal baru dari dunia luar yang sama sekali tidak ada pembimbing yang baik.


Hal kecil seperti apa yang telah ditinggalkan keluarga sekarang untuk kebaikan kebudayaan mereka? Contoh hal kecil ini begitu penting dan sekarang sudah jarang ditemui keluarga yang masih tetap berkumpul pada saat makan pagi(sarapan) dan makan malam di meja makan rumah mereka. Padahal hal sekecil ini adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan keluarga mereka, saat berkumpul ini akan menjadi momentum yang sangat memberikan dampak menjadi kehangatan suatu keluarga dan kebersamaan keluarga. Walaupun keluarga tidak memiliki ruang makan dan meja makan, juga dengan makanan yang seadanya tapi makan bersama keluarga sangatlah berguna untuk membangun budaya yang baik dalam keluarga dan secara tidak langsung memberikan dampak yang baik ke kehidupan berbudaya dalam masyarakat luas. Perhatian dan dukungan orang tua sangatlah dibutuhkan bagi anak, saat berkumpullah orang tua dapat mengobrol dengan anak-anaknya. Keadaan yang santai dan bersama-sama menjadikan makan bersama adalah saat-saat yang cukup baik dan dapat dilakukan setiap hari. Budaya ini akan menjadikan kehidupan bangsa kita lebih baik..

0 komentar:

Posting Komentar