Kamis, 01 April 2010

Kesenian warisan ku...

Budaya dan kebudayaan sangat amat erat dengan kesenian, kesenian dari suatu daerah akan menjadi ciri khas dan kebudayaan tempat tersebut. Memang tidak semua kesenian menjadi kebudayaan dan tidak semua kebudayaan juga menjadi kesenian. Banyak orang mengatakan sesuatu yang dilakukannya sebagai seni, karena seni identik dengan keindahan. Bila sesuatu dapat dinikmati dari nilai estetikanya, juga moral dan sopan santun. Jika sesuatu yang kita lakukan berlawanan dengan itu, maka pada umumnya pada umumnya tidak diterima sebagai seni, seni yng merugikan orang lain tidak pernah diakui sebagai seni.

Seni yang dapat ditampilkan atau dilakukan adalah kesenian, di dalam kesenian selalu ada seni-seni yang telah diakui dan dikenal bersama. Seperti budaya, kesenian dikenal banyak orang dan diterima keberadaannya. Walaupun seni sendiri diakui mencakup banyak aspek dalam kehidupan ini. Bahkan dalam keyakinan beragama pun dikenal seni, contohnya ada perlombaan kesenian membaca kitab suci atau yang lainnya. Sudah terbuktikan bahwa seni sangat tersebar di hampir semua lapisan kehidupan, dari sisi religius, komersil, hiburan, keterampilan, dan sebagainya mengandung nilai-nilai seni yang cukup kuat.

Dalam kehidupan kita sehari - hari kita juga melakukan kesenian, bahasa juga sebuah seni yang menjadi budaya dari warisan leluhur secara turun-menurun. Bahasa memiliki keindahan ucapan, rangkaian dan pemilihan kata - kata. Bahasa sesungguhnya tidak untuk menyakiti orang lain, bahasa memiliki sopan santun yang dapat memberi kebahagiaan bagi pendengarnya. Setiap hari kita melakukan kesenian ini, walaupun bahasa dikategorikan sebagai sastra tetapi sastra itu juga merupakan seni yang juga menjadi kesenian suatu daerah. Bukti dari keindahan bahasa adalah terpajangnya bahasa - bahasa indah pada tempat - tempat tertentu.

Degan berbahasa yang baik kita memiliki seni berucap yang baik pula. Kita harus menjaga tata bahasa kita agar dapat memberi warna kehidupan lewat seni dan mewariskan kesenian yang indah dan bermoral..

0 komentar:

Posting Komentar