Kamis, 29 April 2010

Sepak Bola untuk Bangsa...

Sepakbola adalah olahraga yang selalu ada dan disukai setiap orang di negara apapun. Sepakbola selalu menjadi olahraga yang nomor satu dan dipilih pertama bagi banyak orang dibelahan bumi ini. Begitu juga di tanah air kita, sepakbola sudah menjadi satu kebiasaan yang tidak pernah hilang dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan semua lapisan masyarakat negeri kita sangat mencintai sepakbola, tidak pandang umur, segala perbedaan di antara kita.

Namun bagaimanakah sepakbola turut membangun negara kita? Sepakbola semakin berkembang dalam negeri kita ini, walaupun persepakbolaan kita sendiri semakin terpuruk. Namun masih ada sedikit perkembangan ke arah yang lebih baik. Sekarang ini penonton dan suporter bagi tim-tim yang ada pada liga utama negara kita sudah semakin berkembang. Bahkan di divisi bawah juga sudah mulai besar, kota-kota yang dulu bukan termasuk kota-kota yang meiliki suporter besar sekarang ini mulai memiliki suporter yang cukup besar dan terorgranisir.

Namun suporter-suporter ini terkadang dapat lepas kendali dan melakukan tindakan diluar batas dari sebuah suporter sepakbola. Tindakan-tindakan seperti ini sangat mencontohkan hal yang tidak baik, mengingat suporter yang datang mendukung ke stadion tim kesayangannya bertanding lebih banyak anak-anak muda yang masih berstatus pelajar. Tindakan seperti ini akan memberikan jalan yang sama bagi penerusnya, karena sekarang anak-anak di bawah umur sudah menjadi dan mengenal suporter tim di kotanya. Ini akan menjadi suatu kebanggan dan ironi bagi tim dan bangsa, seringkali anak-anak ini tidak mengerti dimana posisi mereka seharusnya. Mereka mendukung tim kesayangannya, namun mereka lupa pada seharusnya yang mereka lakukan. Dan terkadang kecintaannya terhadap suatu tim menjadi bumerang bagi dirinya sendiri, tidak banyak anak-anak di bawah umur yang berkelahi hanya karena ejek-ejekan tim kesayangan mereka. Mereka hanya memikirkan sepakbola tanpa meimikirkan yang lain, seharusnya ini menjadi perhatian bagi kita semua. Mereka dapat menjadi bibit yang baik untuk negeri ini di masa depan, dengan prestasi di olahrga ataupun akademik. Mereka harus diperhatikan lebih agar bangsa kita menjadi lebih baik, jangan hanya mengambil keuntungan dari rasa suka mereka terhadap sesuatu namun kita harus tetap memikirkan kebaikan untuk mereka sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar