Sekarang ini di kota-kota besar atau pun kota-kota yang sedang berkembang sudah menjamur yaitu mall-mall yang membuat tempat hiburan keluarga atau pun pribadi menjadi terpusat di mall tersebut. Memang keberadaan mall memberikan para penduduk untuk mencari banyak kebutuhan di satu tempat dan tempat yang nyaman untuk berbelanja. Keberadaan mall di daerah juga membuat penduduk di sana tidak tertinggal dengan kota-kota besar lainnya. Banyak sisi positif yang bisa kita lihat dari keberadaan mall di mana-mana.

Namun juga ada sisi negatifnya yang apakah sudah dapat di tanggulangi oleh pemerintah dan pribadi-pribadi yang menjadi pengunjung. Mall telah memberikan banyak dampak untuk kehidupan masyarakat, dari cara hidup dan barang-barang yang biasa kita beli. Biasanya tidak orang tua, anak-anak, para remaja atau pun sekeluarga akan menghabiskan weekend mereka di mall atau terkadang weekday pun sering datang ke pusat perbelanjaan ini.

Sah-sah saja, itu semua hak setiap orang untuk menentukan mereka akan pergi kemana dan dihari apa pun. Namun pemandangan yang sangat berbeda dari panti-panti asuhan yang ada. Tidak seramai mall, bahkan terkadang tidak ada yang menunjungi panti asuhan atau panti-panti sosial lainnya. Bagaimana kita mesti memikirkan dan melihat hal ini dimana saudara-saudara kita yang tidak beruntung itu membutuhkan sesuatu yang mungkin bisa kita berikan. Hanya sedikit curahan perhatian tidak akan membuat kita merugi, kita hanya bisa menjadi pelopor untuk diri kita sendiri, keluarga, dan lingkungan kita untuk mulai memperhatikan lagi saudara-saudara kita itu. Membagi sedikit kebahagiaan kita yang mungkin akan memberikan kebahagiaan lain yang lebih besar nilainya dari apa yang kita berikan.

Dimana panti-panti sosial memberikan kita pelajaran hidup dan nilai-nilai kehidupan yang begitu berharga dan dimana mall yang lebih berbau kefanaan dan penuh dengan keinginan ego kita semata. Kita harus lebih memikirkan ini matang-matang, agar sesungguhnya kehidupan masyarakat kita jauh lebih baik. Agar kita juga mampu bersatu dalam perbedaan.

So, mulailah mengunjungi panti asuhan di sekitarmu. Mulai dengan sekali waktu dan mengajak teman-teman, keluarga, dan lingkungan mu. Dan berlanjut pada kebiasaan yang baik untuk bisa membantu saudara-saudara kita..

0 komentar:

Posting Komentar